Ceritanya saya habis iseng bongkar-bongkar karburator NJMX. Bersihin sana-sini sampai akhirnya pandangan saya tertuju pada benda hitam di sisi kiri karburator. Hmmm…. saya yakin inilah TPS (Throttle Possition Sensor). Yakin begitu ya karena cuma benda ini yg terhubung dengan kabel body. Penasaran dengan bentuk TPS yang sepertinya bisa diseting ahirnya saya coba browsing sampai ketemu pada artikel sebuah blog di http://a-santoso.blogspot.com/2013/04/cara-setting-tps-pada-new-jupiter-mx.html. di situ ada cara seting TPS namun tanpa gambar. Ahirnya saya beranikan seting TPS pada motor sendiri, hehehehe….
Sekedar cerita, TPS ini berfungsi untuk mengatur timing pengapian sejalan dengan bukaan throttle gas di karburator. makin banyak putaran gas maka pengapian makin maju*. Berbeda seperti pada honda supra 125 yg masih pake model switch, TPS pada New Jupiter MX 135 ini pake model Variable Resistor*. Sehingga tidak akan terdengar bunyi cetik-cetik saat gas diputer. Aluuss gitu tanpa suara. Lumayan lebih canggih kalo menurut saya. Dan pastinya TPS pada NJMX ini bisa diatur posisinya, Mau pengapian maju atau mundur.
Untuk menyetel TPS alat yang kita butuhkan yaitu:
1. AVOmeter
2. 2 buah jarum
3. solasi/lem
4. obeng
5. kunci L buat buka body
Mari kita langsung praktik pada NJMX. Pertama kali copot panel body yg berada di atas karburator, lalu copot juga body sebelah kiri belakang. kalo saya sih cukup 2 panel body itu yg dicopot. Kemudian longgarkan baut manifol karburator, Miringkan karburator dengan cara memutar sedikit ke arah kiri, maka kita bisa lihat TPS dan baut setelannya. Coba kendorkan itu baut setelan TPS biar TPS bisa digeser-geser.
Lanjuuuuuttt.. Kita lihat ada 3 kabel pada soket TPS, ambil 2 buah jarum, tusukkan pada kabel kuning dan jarum satunya tusukkan ke kabel biru strip hitam pada kabel TPS.
Putar kontak motor pada posisi ON, dan mesin gak usah dinyalakan. setel Avometer pada posisi 10VDC. tempelkan kabel merah AVO dengan jarum kabel kuning TPS, dan kabel hitam AVO dengan jarum pada kabel biru strip hitam TPS. Lihat, jarum AVOmeter bergerak. Dengan menggeser-geser TPS, posisikan jarum AVO mendekati angka 6,3 jika anda menginginkan setelan yang irit dan menggunakan premium. Atau setel ke arah mendekati 7,3 jika anda menginginkan setelan yang powerfull dengan menggunakan pertamax.
Kalo saya sih pake setelan tepat di angka 0,7.
Jika kita merasa angka pada skala 10VDC kurang jelas, maka bisa juga kita putar switch AVOmeter ke arah 2,5 VDC. Tapi dengan cara ini kita harus pintar matematika, hehehe…
contoh: Saya ingin menyeting ke tegangan 0,7 volt. maka dengan switch AVO yang diarahkan ke 2,5 VDC saya harus mengatur agar jarum AVO bergerak ke angka 2,8. Kenapa begitu? itu karena perhitungannya seperti ini, 2,8 X (2,5/10) = 0,7. Atau jika anda menginginkan setelan 0,65 Volt, tinggal hitung aja yang hasilnya kita harus posisikan pada skala 2,6. itu karena 2,6 X (2,5/10) = 0,65 volt DC.
Lebih mantepnya lihat gambar di bawah ini. Gambar kiri pada AVO 10VDC menunjukkan skala 0,7 volt dan gambar kanan pada AVO 2,5 VDC menunjukkan skala 2,8. keduanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama menunjukkan angka 0,7volt DC.
Gampang kan? jangan lupa setelah selesai cabut kembali jarum pada soket TPS dan kasih lem atau balut dengan solasi pada bagia yg bekas ditusuk jarum tadi. Saya rasakan setelah setel TPS respon mesin sedikit berubah. Tarikan terasa sedikit lebih baik. Sebelum disetel saya lihat posisi TPS berada pada angka sekitar 0,6V lebih dikit, ya sekitar 0,64 lah.
Gimana? gampang kan nyeting TPSnya…Semoga bermanfaat dan lakukan dengan hati-hati, karena segala kegiatan tentu bisa berbahaya jika kita kurang hati-hati.
Tunggu artikel mantap lainnya hanya di TOURINGONLINE.
Pngaruh ga’ kalo karbu mx standar di besarin lubang maein jet dan pilot jet,, apa bsa tambah kncang tnagany
SukaSuka
kencang belom tentu, boros iya.
harus benar2 cermat perhitungan membesarkan lubang spuyer
SukaSuka
kencang belom tentu, boros iya.
tapi kalo cuma diborosin dikit biasanya tarikan lebih enak
SukaSuka
tps saya rusak bisa dibenerin nggak ya soalnya waktu tmen perbaiki lampunya nyala trus harusnya diatur posisi dengan menggeser, eh malah diputer puter tuh sampai pernya patah bisa dibenerin nggak ya?
SukaSuka
kalo kreatif tentunya bisa, kalo gak bisa silakan inden TPS ke dealer, untuk harga bisa cek di website, super lengkap
SukaSuka
Saya browsing fungsi part ini.
Sbnarnya punya saya xeon125 karbu.
(Ada TPS juga kan?, *masih ragu)
Belum sempat set pake avo.
Cm saya lihat posisi setelan TPS terlalu kekanan,
Dampaknya apa ya? Apakah lebih boros?
SukaSuka
bro motor q jupitermx.masalahnyalangsam tinggi tapi cuma 5 detik langsamnya turun sendiri lalu mesin mati,gmana tu bro
SukaSuka
saya udah gak pake karbu standar,, tapi bisa gak TPS nya di copot dari karbu trus di akalin?
SukaSuka
Naikin voltase nya ke kanan ato ke kiri..
SukaSuka
kalo jupiter mx sudah di ganti karbu PE 28 apakah masih bisa di setel TPSnya ?
setelah di ganti PE28 setelah panas karbu lampu indikator merah nyala tapi kipas tidak mutar , bagaimana solusinya Gan ?
SukaSuka
Tps saya rusak gan.. pengkailnya udah gak bisa.. apa hanya perlu ganti soketnya aja ?
SukaDisukai oleh 1 orang
hmm, berarti ini salah 1 cara buat setting irit borosnya MX ya? mantep juga, trim’s kk 😀
SukaSuka