Banyak orang yang kadang frustasi waktu dapet kerjaan nyetting karburator vakum. Pasalnya cara kerja karburator jenis ini sedikit berbeda dengan karburator konvensional jaman dulu. Pada karburator jenis vakum, skep digerakkan oleh karet membran, bukan dengan tarikan sling kabel gas secara langsung. Sedangkan fungsi dari kabel gas pada karburator vakum hanyalah sebagai penggerak katup kupu-kupu pada karbu. Lihat saja, kabel gas pasti terhubung dengan katup kupu-kupu.
Ada 2 baut utama yang bisa disetel pada setiap jenis karburator, Yaitu baut setelan gas (throttle) dan baut setelan udara (air screw maupun mixture screw). Pada karbu konvensional jadul baut setelan udara disebut air screw, sedangkan pada karbu vakum disebut mixture screw. Sebenarnya perbedaan ini tak lain karena fungsinya yang agak berbeda. Pada karbu konvensional air screw hanya bekerja untuk mengatur debit udara ke arah mangkuk bensin karbu, sedangkan pada karbu vakum mixture screw bekerja mengatur debit campuran udara dan bensin yang keluar dari karbu (dari arah pilot jet) menuju ruang bakar. Mixture screw memiliki peranan pada kinerja mesin saat RPM rendah. Pada RPM tinggi atau saat ngebut yang bekerja yaitu gabungan antara main jet dan pilot jet. letak mixture screw ini ada di bagian samping karbu dan posisinya lebih dekat dengan manifol / blok mesin.
Oke kini giliran kita belajar menyetel karbu vakum.
- Langkah pertama yaitu putar grip gas hingga RPM mesin berada di kisaran 4000 RPM dan TAHAN. kalo gak ada tacho meter ya bisa dikira-kira sendiri pokoknya grip gas diputar dikit hingga RPM naik. Gak papa walau gak persis 4000RPM.
- Anda bisa menggunakan baut setelan gas / throttle untuk menahan RPM jadi 4000. Caranya putar baut setelan gas ke arah kanan hingga RPM meninggi.
- Putar mixture screw ke arah kanan atau menutup hingga mentok, pada saat itu suara mesin akan makin pelan, RPM makin rendah dan bahkan mesin bisa saja langsung mati.
- Jika mesin mati biarkan dulu jangan dihidupin.
- Putar mixture screw ke arah kebalikan, yaitu ke arah kiri atau membuka sebanyak 360° alias 1 putaran.
- Nyalakan mesin yg mati. biarkan mesin idle sambil tetap menahan grip gas agar RPM meninggi.
- Lanjutkan putar mixture screw ke arah kiri / keluar hingga didapat setelan yang pas.
- Khusus untuk motor New Jupiter MX 135 standart putaran mixture screw standartnya sekitar 2 putaran keluar (2×360°) dihitung sejak mixture screw menutup.
- Untuk jenis karburator vakum pada motor lain setelan mixture biasanya gak jauh beda antara 1-2 putaran.
- Langkah terakhir yaitu mengatur baut setelan gas / throttle dan buatlah menjadi langsam. Caranya dengan memutar baut tersebut hingga RPM berada di kisaran 1250 RPM. Jika gak ada RPM meter / tachometer buatlah hingga suara mesin langsam stabil.
- Jangan lupa untuk menggeber-geber gas saat semua proses selesai. Ini bertujuan untuk memastikan langsamnya mesin. Kalau setelah digeber mesinnya jadi tidak langsam/idle lagi mungkin putaran mixture screw kurang keluar atau baur setelan gas/throttle kurang tepat.
CATATAN:
- Rasakan sendiri saat motor dikendarai, kalau suara mesin terasa kering, ujung busi berwarna putih sebaiknya tambah putaran mixture screw ke luar / kiri. —–> makin diputar ke kiri makin boros.
- Kalau terasa campuran terlalu basah/boros dan ujung busi kehitaman maka putarlah mixture screw ke arah kanan/menutup.—–> makin diputar ke kanan makin irit.
- Kalau pasang knalpot racing sebaiknya putaran mixture screw tambahin aja kira-kira 1 putaran lagi keluar biar debit bensin yang tercampur udara makin banyak.
Untuk ilustrasi cara kerja karbu vakum bisa dilihat pada video berikut ini.
Dari video di atas kita bisa memahami prinsip kerja karburator vakum yang sedikit berbeda dengan karburator konvensional.
Selamat mencoba 😀
Mantep artikelnya kang, useful 🙂
SukaSuka
Matur tengkyu. :p
Masih banyak artikel oprek MX kedepannya.
SukaSuka
Mantab… buat Thunder bisa jg dong… kan sama2 karbu vacum 🙂
SukaSuka
Sama aja, mungkin cuma beda di jumlah putaran mix screw, awas jgn salah arah puter
SukaSuka
bisa bingits
https://mochyuga.wordpress.com/2012/06/16/howto-seting-langsam-karburator-tipe-vakum/
SukaSuka
wah iki…mantap bro
SukaSuka
bos mau tanya itu baut mixture bs di puter emangnya . kok di njmx 2013 ane gak bs ya, malah ancur baut pas plusnya.. skrg malah tambah rusak. kyknya emg gk bs di buka ya?
SukaSuka
bisa diputer kok, kalo gak bisa mungkin salah muter.
itu baut kalo ancur bisa beli di bengkel resmi. mesen/inden. tapi harganya cukup mahal, 50 ribuan paling.
untuk membuka yg sudah rusak bawa ke tukan bubut biar disnei ulang
SukaSuka
Baut mixture emg hrs inden sih,soal hrg di dealer tegal jateng 87000
SukaSuka
lama benerinya ke tukang bubut gan? krna karbu ane stelan anginnya uda dol ga bisa di puter
SukaSuka
ya coba saja dikonsultasikan ke tukangnya, kali aja sehari beres kalo lagi sepi
SukaSuka
salam kenal, NJMX saya thn 2013 tenaga drop naik gunung gigi 1 gak kuat naik gara-gara abis cuci karbu dan bongkar TPS, bensin jadi boros dan tenaga hilang. mohon pencerahan…
SukaSuka
bukan gara2 abis servis karbu, di daerah pegunungan memang perlu seting ulang karbu. mulai dari spuyer, setelan angin.
saya pernah lewat daerah pagunungan magetan motor saya yg biasa jalan di daerah kota juga brebet, sementara itu ada warga setempat yg juga punya NJMX enak banget bawa motornya, walau boncengan bisa ngimbangin saya yg sendirian. malah bisa dibilang saya keteteran.
intinya lu seting karbu, minimal baut setelan anginnya ditutup/diputar kedalam dikit
SukaSuka
Maaf om, mau tanya diluar karbu, berhubung ad bahasan njmx.
Mesin mtr sy nglitik kl hbs digeber rpm tinggi, malah skrg panas dikit dah nglitik, kmrn ke beres mnta stel klep, tp disaranin servis besar.
Nah, servis besar meliputi apa aja om, padahal kn sy cm mnta stel klep, soalny uda 12rb KM awalnya, smpe skrg 19rb KM, msh syang kalo hrs servis besar, mtr sy blm ada setahun.
SukaSuka
Berarti prinsip kerja air screw sama mixture screw berlawanan
Ya mas.. kalo d karbu konve biasanya air screw semakin ditutu
Aliran bahan bakas akn semakin basah/boros.
Sedngkan untuk karbu vacum smakin mixture screw d buka semakin
Boros ya..?
Maaf kalo ada keliru hehe
SukaSuka
motor ane NJMX, kalau diputaran tinggi ada gejala nembak halus gitu dan keluar asap hitam keabu-abuan. ujung knalpot hitam bekas sisa pembakaran. nah itu kenapa ya kira?
setingan mixture dicoba 2 putaran s/d 3 putaran tetap gak berubah, dan ane pake BBM Pertamax.
padahal motor masih standar.
SukaSuka
Njmx sy sdh sy setel mixture 1,5 -1,75 putaran.
Knp ujung busi msh hitam,untk dptkan wrn merah bata gmn cara setel karby vakum ny.
Busi sdh di gnti baru tetep az msh hitam.
Saat pertama mau jln,gas di puter koq sprti kekurangan pasokan bbm pertamax,sprt mau mati.
Solusi gmn,njmx sy msh stndar pabrik.
Dan apkh smua njmx,suara engine nya tuh kasar.
Saat beli di dealer suara ny sdh kasar,sy ajukan ke mekanik yamaha,kata nya bawaan njmx emg sprti itu.
SukaSuka
Butuh jwban bget koq gk ada respon sm skli
SukaSuka