Berawal dari sil master rem honda tiger (mantan punyaku yg udah pindah tangan ke adek) udah nyeplos alias jebol langsung ada inisiatif bongkar total sistem pengereman si macan tua. Pergi ke toko onderdil buat beli sil master rem pengganti yang seharga Rp. 15.000,- langsung bawa pulang dan nyuruh adek buat masang itu barang. Itung-itung latian ngoprek motor sendiri.
Langkah pertama kita bongkar seisi master rem atas. Jangan lupa buang dulu minyak rem di master rem atas lalu copotin selang rem dengan menggunakan kunci ring. Dilanjut dengan melepas sil master rem dengan menggunakan tang cucut atau jika ada sebaiknya pake tang pembuka snap ring.
Untuk proses di atas kayaknya gak perlu saya jelasin dengan detail banget. Barangnya keliatan jadi saya anggap semua pasti bisa laaahhh. Kecil itu mas bro. hehehehe…
Setelah dipikir-pikir kok rasanya pingin sekalian kuras minyak rem setelah sekian lama minyak rem si tiger gak dikuras. Biar mantep gitu sekalian kerja kotor-kotor gini. hehehehe….
Nah, proses ganti minyak rem ini yang banyak orang agak males ngerjainnya. Bukan apa, karena kadang kala proses mompa angin yg bikin setres. Oke kali ini saya kasih triknya biar semua proses itu bisa dilakukan secepat mungkin.
Kita siapkan peralatannya
– Kunci pas ukuran 6 atau 8 untuk melonggarkan baut kaliper cakram
– suntikan tinta printer, atau kalo bisa lebih baik pake suntikan sapi yg punya ukuran lebih besar
– selang kecil sepanjang 20 cm yang muat ke ujung suntikan.
Caranya
- Bukalah tutup master rem bagian ataas yang biasanya ada dekat tuas rem.
- Longgarkan baut kaliper cakram sehingga minyak rem keluar semua. Hati-hati jangan sampe kena cat motor.
- Setelah semua keluar kencangkan kembali baut nepel kaliper. Jangan terlalu kencang, cukup asal kenceng dikiiiiittt aja.
- Sambungkan selang kecil dengan ujung suntikan
- Isi suntikan dengan minyak rem hingga penuh
- Hubungkan ujung selang dengan baut nipel pembuangan minyak rem di kaliper
- Longgarkan baut nepel kaliper sedikit saja Sambil berbarengan dengan tangan kita menyuntikkan minyak rem dari dalam suntikan.
- Suntikkan minyak rem dalam suntikan itu dan saat minyak akan habis segera kencangkan baut nepel secepatnya.
- Intinya jangan kita suntikkan semua minyak rem, agar tidak ada udara yang ikut menyusup. Sisain dikit aja di dalam suntikan.
- Lanjut ulangi lagi langkah pengisian minyak rem pada langkah nomer 5 sampai nomor 8 dan lakukan hingga minyak rem memenuhi master rem atas.
- Jika minyak sudah penuh tutup kembali master rem dan pastikan baut nepel kaliper kencang sempurna.
Simple kan? hehehe…
Dengan cara ini kita gak perlu lama-lama buang angin dengan memompa tuas rem yuang kadang kala banyak gagalnya, berjam-jam bisa aja gak kelar.
Semoga bermanfaat dan Salam ngirit hehehe 😀
Aseek
SukaSuka
cruutt
SukaSuka
uii
SukaSuka
nyuss
SukaSuka